Danau Baikal Russia

Wisata Rusia Danau Baikal

Danau Terdalam Dunia Uncategorized

Bagi banyak Traveler, danau adalah suatu wisata alam yang wajib untuk dijelajahi. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi setiap saat nya ini memiliki banyak sekali cerita misteri didalam nya. Salah satu danau yang terkenal di dunia adalah danau yang terdapat di Rusia yaitu Danau Baikal. Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan juga terbanyak mengandung air tawar nya di seluruh dunia.

Wisata Rusia Danau Baikal

Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan 80% nya lagi air tawar Rusia. Saking terkenal dan berbedanya danau tersebut dari kebanyakan danau didunia. Danau ini dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Danau ini terletak di Selatan Siberia di daerah Russia, antara Oblast Irkutsk di Barat Laut dan Buryatia di Tenggara, dekat dengan kota Irkutsk. Nama danau tersebut diambil dari kata Tatar atau “Bai-Kul” yang mempunyai artian “Danau Yang Kaya”.

Sejarah Baikal

Dalam kisah legenda nya, kota ini dikenal banyak masyarakat Siberia sebagai “Mata Biru Siberia” yang jika di artikan dalam bahasa Russia, dia disebut Ozero Baykal yang jika diartikan secara harfiah adalah Danau. Banyak sekali panggilan yang digunakan untuk menyebutkan danau yang satu ini. Seperti dalam bahasa Buryat dan Mongol danau ini memiliki panggilan Dalai-Nor yang memiliki arti “Laut Suci”.

Sejarah Danau Baikal

Jika kalian melihat nya secara sekilas, danau ini tidak ada jauh berbeda dengan danau-danau yang ada di dunia pada umumnya. Namun jika kalian mengetahui dan mencari tahu bagaimana terbentuknya danau ini. Kalian akan menyadari betapa indah dan unik nya danau yang satu ini. UNESCO sendiri pun tidak akan asal menjadikan danau yang satu ini sebagai danau tertua dan terdalam yang ada di seluruh dunia.

Beberapa fakta berikut adalah fakta yang mana telah menjadikan Danau Baikal ini menjadi danau tertua dan danau terdalam di dunia.

  • Hanya ada satu sungai saja yang mengalir dari Danau Baikal, yakni Sungai Angara.
  • Bagian suhu yang terdapat di Sungai Angara di Danau Baikal tersebut memiliki luas selebar sekitar satu kilometer luasnya.
  • Memiliki kedalaman sekitar 1.642 meter. Ini yang paling memberdakan danau tersebut sebagai danau yang paling terdalam di dunia. Dengan kedalaman seperti itu banyak kasus tenggelam nya kapan disana tidak akan bisa ditemukan.
  • Setiap tahun nya Danau Baikal akan mengalami sekitar 2.000 kali Gempa Bumi yang bisa dikatakan hal tersebut sudah sangat biasa sekali terjadi. Gempa Bumi yang terjadi dikarenakan oleh pergerakan lempeng-lempeng besar yang ada di Bumi. Yang mana banyak kita ketahui jika gempa bumi akan sangat jarang sekali terjadi di danau.
  • Danau Baikal memiliki sedimen dasar berupa endapan lumpur yang paling tebal di dunia. Bisa kalian bayangkan tentunya jika benda apa saja yang terjatuh kedanau tersebut pastinya akan sangat sulit sekali untuk terdeteksi dan ditemukan keberadaan nya.
  • Danau Baikal mengandung 20% dari total jumlah dari jumlah air tawar di dunia. Air tawar yang bisa dibilang sangat banyak dikandung oleh danau.
  • Danau ini juga mendapatkan julukan sebagai Danau terjernih dan paling transparan di dunia.
  • Luas danau ini hampir sama dengan luas wilayah Belgia.
  • Air yang ada didanau ini akan diperbaharui setiap 383 tahun. Ini terjadi dengan sangat natural tanpa adanya campur tangan manusia. Namun keasrian dari danau tersebut kini lebih banyak dijaga oleh dunia karena keunikan yang dimilikinya.
  • Di perairan Danau Baikal ada terdapat 1.455 spesies endemik yang tidak akan ditemukan di tempat lain di dunia.
  • Terdapat Pohon Cedar yang terlah lama sekali tumbuh di danau tersebut, yaitu 550 tahun yang hingga saat ini masih ada di bagian tepi danau tersebut.
  • Salah satu sepesies anjing laut ditemukan di Danau Baikal.

Jika kalian mendapatkan kesempatan berkunjung ke Rusia, akan sangat beruntung sekali jika kalian dapat berkunjung ke danau ini. Karena kalian akan menyaksikan salah satu keajaiban yang dimiliki dunia dengan keindahan nya yang natural.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *